Don't miss

Senin, 16 Februari 2015

Launching Daihatsu New Sirion Facelift 2015


By on 07.43

Entah ini berkorelasi dengan mobil Ibu Bos yang adalah Terios merah atau tidak, kali ini saya diperbolehkan terlibat dan hendak turut dalam launching produk perdana Daihatsu di tahun 2015. Mau tahu apa sih yang diluncurkan oleh Daihatsu? Yup, pada hari Valentine, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merk (APM) Daihatsu di Indonesia, resmi mengaspalkan Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015


Mengambil tajuk 'Sirion: More Reason For Fun', Daihatsu tetap menyasarkan New Sirion ini untuk segmen anak muda dan keluarga muda, atau bahkan sudah tua namun bermuka muda, boleh juga. Launching New Sirion sendiri dilakukan di parkir selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Meski diwarnai mendung-hujan-panas-mendung lagi-panas lagi, prosesi launching yang dilakukan langsung oleh Senior Executive Director ADM, Mr. Tsuneo Itagaki, serta didampingi Direktur Marketing, Ibu Amelia Tjandra dan Chief Operation Officer (COO) PT. Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Pak Toto Suryana Wijaya ini cukup meriah. Produk yang digadang menjadi Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015 ini diluncurkan dengan didahului tarian manekin. Sudah nonton iklannya di TV kan? Kalau belum, tonton dulu, biar nyambung.


Seperti yang juga telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu kembali menyandingkan Sirion dengan Slalom. Seperti kita ketahui bersama, pada tahun 2013, dilakukan Daihatsu Sirion Slalom College Battle yang sesuai namanya ditujukan untuk kalangan mahasiswa. Setahun kemudian, Daihatsu hadir lagi dengan Daihatsu Siron Time Battle yang kali ini mulai melibatkan kelas profesional. Tahun ini, Daihatsu menggelar Daihatsu Sirion Time Battle 2015 dengan memperluas jaringan ke klub dan umum.
Menurut Pak Eko Priyanto dari Promotion Department, Daihatsu memang mencoba melakukan pendekatan experience. Itu sebabnya, dalam event launching ini digelar kontes time battle ala slalom dan juga test ride, sehingga baik jurnalis, profesional, umum, hingga blogger bisa merasakan sendiri jeroan Daihatsu New Sirion ini. Dalam launching tanggal 14 Februari tersebut, belasan jurnalis turun langsung untuk membesut New Sirion di lintasan time battle yang telah disiapkan. Syaratnya juga simpel, cukup memiliki Kartu Izin Start yang bisa dibuat di lokasi, serta yang pasti punya SIM A. Kalau punya SIM C belaka, tentu nggak cukup. Apalagi nggak punya SIM.


Sirion Slalom Time Battle ini sendiri menggelar perlombaan kelas rookie dan kelas profesional. Sekitar 100 rider dari kelas rookie tampil di ajang ini, semuanya dengan membesut New Sirion baik itu yang berwarna Electric Blue, Ozzy Orange, dan Icy White. Oh, ada satu lagi pilihan warna dari New Sirion, yakni Glitering Silver. Selain white, semua warna adalah varian baru.
Pilihan warna yang nyaris semua baru ini sebenarnya memperlihatkan arah dari tampilnya New Sirion ini. Bukan rahasia ketika desain eksterior telah menjadi alasan utama dalam memilih mobil. Maka, warna dan juga New Front Grille & Bumper Design, serta Sporty Fog Lamp hingga New Projector Headlamp With LED Position Lamp menjadi poin yang menonjol pada tampilan luar. Yup, style memang menjadi hal penting karena New Sirion menahbiskan diri sebagai Stylish and Fun To Drive City Car. Pilihan warna dan desain eksterior yang segar sejatinya merupakan manifestasi dari konsep Fresh Styling.
Aspek Fun To Drive juga diperhatikan oleh Daihatsu. Maka, fitur audio lengkap juga ditanamkan di dashboard New Sirion ini. Bahkan, kita tidak perlu lagi menjulurkan tangan untuk mengganti lagu, channel, hingga mengatur volume karena semua tombol itu sudah ada di stir. Untuk mempermudah akselerasi di jalan sempit dan juga parkir, New Sirion juga dilengkapi retracable outer mirror.
Satu lagi konsep yang diusung New Sirion adalah More Safety. Untuk hal ini New Sirion sudah dilengkapi dual SRS airbag yang ditunjang oleh fitur pretensioner dan force limiter seat belt. Jadi, ketika ada tabrakan, maka gerakan ke depan akan diminimalkan dan lantas didukung oleh airbag yang mengembang. Tidak hanya pengemudi, penumpang di depan juga dapat airbag. Kan dual. Semakin aman lagi karena di bangku belakang juga ada seat belt-nya. Asal nyetirnya nggak ngasal, seharusnya safe.
New Sirion dibanderol Rp. 155.825.000 untuk manual, serta Rp. 166.825.000 untuk automatic, alias terbilang tidak berubah dibandingkan Sirion yang lama. Strategi ini dipilih oleh Daihatsu untuk menaikkan demand Sirion sehingga bisa menyerupai saudaranya Perodua Myvi di Malaysia.
Seperti saya bilang tadi, experience menjadi penting bagi New Sirion sehingga para blogger terpilih boleh menikmati 30 detik menegangkan bersama New Sirion. Kok tegang? Soalnya, para blogger diajak memutari arena slalom! Wow!


Safety tetap menjadi penting, makanya untuk pertama kalinya saya naik mobil pakai helm. Ya, cuma bersama Daihatsu New Sirion-lah saya bisa begitu. Seru sekali merasakan pengalaman slalom walau cuma 30 detik. Soalnya, sedari pagi, deru knalpot dan decitan ban serta adegan nyaris nabrak sana-sini mewarnai penglihatan saya.
Secara umum, kemampuan slalom tentu memperlihatkan akselerasi New Sirion di jalanan ibukota yang kian macet ini. Tentu, tidak untuk berakselerasi ke bahu jalan, ya. Maklum, segmennya akan anak-anak muda, sebagian doyan mlipir bahu jalan kalau macet. Keluarga muda juga jangan, kasihan anak-anak diajari hal yang salah sama Bapaknya.
Untuk konsumsi bahan bakar, mengacu kepada saudara kandung New Sirion yang bernama Perodua Myvi, maka klaimnya adalah 18,1 kilometer per liternya untuk yang manual dan 16,7 kilometer per liter untuk automatic, sebuah angka yang mengarahkan New Sirion sebagai Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015
Demikian laporan saya hasil valentine-an kemaren bersama New Sirion. Tidak hanya menikmati slalom, saya juga menikmat hidangan asyik dari panitia serta hiburan berupa dance dan band serta games-games seru. Benar-benar sesuai tagline-nya sebagai alasan lebih untuk bergembira. Semoga sukses untuk New Sirion!


---
*seluruh foto adalah hasil jepretan @ariesadhar.

About Ariesadhar

Apoteker, Auditor Wanna Be dan Author Oom Alfa (Bukune, 2013).

0 komentar :