Don't miss

Kamis, 26 Maret 2015

4 Fakta Tentang Kopilot Germanwings Andreas Lubitz


By on 18.44

Peristiwa jatuhnya penerbangan Gernamwings 4U9525 menjadi misteri, dan saat ini kecurigaan mengarah pada sang kopilot. Siapakah sang kopilot sebenarnya? Berikut liputan BBC.



Latar Belakang
Andreas Lubitz, sang kopilot muda yang dipercaya menjadi penyebab jatuhnya Germanwings memulai karier sejak remaja. Dia mulai mengudara sebagai anggota dari gliding club di kampung halamannya di Montabaur, sebelah barat Jerman. Pada usia 14 tahun, dia bergabung dengan LSC Westerwald e.V. glider club di kota tersebut. Dia belajar terbang dengan ASK-21 glider dua kursi dan mendapat lisensinya, seperti yang dikatakan oleh pemimpin klub Klaus Radke. Dari situ dia memenuhi ambisinya jadi pilot profesional. Teman dan tetangga mendeskripsikannya sebagai karakter yang pendiam namun menyenangkan, dan sangat menikmati pekerjaannya. Foto yang beredar di media massa diambil dari Facebooknya, ketika dia tersenyum di depan jembatan Golden Gate di San Fransisco. Saat ini para investigator mulai menelisik latar belakangnya, termasuk kondisi mentalnya pada hari ketika kecelakaan terjadi.

Tempat Kediaman
Rumah orangtuanya di Montabaur, sebuah kota kecil dekat Frankfurt dengan penduduk 12.500 orang telah menjadi fokus perhatian media. Polisi telah berpatroli di sekitarnya untuk menjaga reporter dan fotografer dari rumah tersebut. Rumah dengan dinding abu-abu itu kini menjadi fokus perhatian dunia dan para investigator mencoba menggali apa yang sebenarnya terjadi hingga muncul kejadian ini. Seorang tetangga mengkhawatirkan bahwa Montabaur akan selalu dikenang karena peristiwa ini. Lubitz sendiri punya flat di Dusseldorf tempat detektif mulai mencari bukti-bukti, dan diharapkan petunjuk terkait apa yang sebenarnya terjadi bisa diketahui beberapa hari ke depan.

Karier
Pada tahun 2007, Lubitz lulus dari sekolah dan diterima sebagai trainee di Lufthansa selama beberapa tahun di Bremen. Sempat mengambil break selama training tersebut untuk beberapa bulan, sekitar 6 tahun yang lalu, namun kesesuaiannya dinilai kembali dan dia bisa melanjutkan studinya, seperti dikatakan oleh CEO Lufthansa Carten Spohr. Pada September 2013, Lubitz bergabung dengan Germanwings, lini LCC milik Lufthansa. Diawali sebagai flight attendant sebelum kemudian mengambil peran sebagai kopilot dengan tugas monitoring instrumen, berkomunikasi dengan ATC dan berbagi kontrol dengan kapten. Seperti biasa, kopilot juga bisa menyetir pesawat jika pilot break atau sakit. Lufthansa mengatakan bahwa Lubitz telah menjalani 630 jam sebelum kejadian kemaren. Dia melakoni pemeriksaan keamanan reguler pada 27 Januari dan tidak ditemukan sesuatu yang aneh, demikian pula pada 2008 dan 2010. Spohr mengatakan bahwa Lubitz 100% fit untuk terbang tanpa batasan atau kondisi apapun.

Kecelakaan Germanwings
Pada 24 Maret, karir Lubitz mendadak berbalik sejak investigasi menyatakan bahwa dia secara sengaja menerbangkan Airbus 320 menuju pegunungan Alpen di daerah Prancis, dengan 150 orang di dalam pesawat tersebut. Masih ada pembicaraan perihal Lubitz menjadi aktor serangan teroris dan para investigator menolak pembicaraan soal latar belakang agama. Namun secara umum bunuh diri bukanlah terminologi yang tepat untuk menjelaskan sebuah tindakan yang membunuh lebih dari 100 orang.

About Ariesadhar

Apoteker, Auditor Wanna Be dan Author Oom Alfa (Bukune, 2013).

0 komentar :