Don't miss

Selasa, 23 September 2014

10 Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Patah Hati


By on 09.32

Patah hati. Hmmm, memangnya hati itu semacam batang pohon atau pipa paralon yang bisa patah? Nggak tahu juga, sih. Tapi intinya hampir semua orang pernah patah hati. Bersyukurlah yang belum. Enak bener hidup elu. Sebenarnya patah hati nggak selalu buruk, buktinya disini ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari patah hati. Banyak hal yang bisa dipelajari dalam hidup, tapi hanya dengan patah hati kita bisa memperoleh pelajaran-pelajaran berikut ini.

SUMBER


1. Patah Hati Bukanlah Sekadar Metafora
Hayo! Apa itu metafora? Yang dulu nilai Bahasa Indonesia bagus pasti tahu arti majas ini. Oke, nggak usah bahas-bahas majas. Pada intinya, sih, sampai kamu mengalami sesuatu yang bernama patah hati itu, kamu cuma bakal bisa bersimpati saja. Mungkin perihal ogah makan, terus maag, kamu bisa membantu, tapi soal hati kamu tidak akan bisa membantu sepenuhnya. Karena terdapar luka yang tidak terlihat, tapi sungguh melukai lebih dalam dari apapun.

2. Hubungan Tidak Bisa Bertahan Pada Cinta Sendiri
Ada yang diputusin karena (mantan) pacar sudah tidak cinta? Kalau ada, sama #lah. Ya, mungkin kamu yang belum pernah patah hati akan memandang bahwa hal yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan adalah cinta. Mungkin iya. Tapi coba tanyakan kepada korban ditolak atau diputusin. Cinta itu bukan satu-satunya kunci hubungan yang baik karena terdapat berbagai aspek lain yang terkait itu. Pernah dengar bilang, "kami masih saling cinta, kok, tapi demi kebaikan bersama, kami putuskan untuk berpisah"? Absurd di permukaan, tapi hanya orang yang merasakan patah hati dalam hubungan seperti itu yang paham. Patah hati akan membawa kamu keluar dari area penuh mimpi, dan membuat kamu terbiasa pada realita.

3. Kekuatan Diri
SUMBER

Ini katanya sih adalah pelajaran terpenting dari patah hati. Kekuatan diri yang dimunculkan adalah kemampuan untuk mampu berdamai dengan masalah, degan tingkat keberterimaan yang baik. Sebelum patah hati, kamu mungkin berpikir bahwa kamu mencintai orang yang bertanggungjawab pada kebahagiaan kamu atau kamu adalah orang yang bertanggungjawab pada masalahnya, atau bisa jadi juga sebaliknya. Tetapi trauma patah hati dapat membuat kamu mengerti kemampuan kamu untuk bertanggungjawab pada kebahagiaan kamu sendiri. Kamu akan menemukan bahwa tidak ada orang lain di dunia yang bikin kamu patah hati, selain diri kamu sendiri.

4. Hidup Terus Berjalan
Mau ada dia, mau pernah ada dia, mau sekarang nggak ada dia, sebenarnya hidup akan terus  berjalan. Sebelum patah hati kamu nggak akan memahami hidup tanpa dia. Kamu mungkin merasa bahwa hidup akan berhenti atau apapun di sekitar kamu akan kenapa-kenapa jika yang kamu cintai tidak bersama kamu. Namun sebuah kejadian patah hati bisa membuat kamu sadar bahwa waktu berhenti tidak untuk siapapun dan hidup berjalan terus bahkan jika kamu nggak siap.

5. Perasaan Itu Tidak Selalu Benar
SUMBER

Perasaan itu semacam pengaduk-aduk emosi, mereka bisa menggambarkan semuanya yang mengelilingi, dan terkadang bikin hidup kamu terkungkung. Jadi untuk percaya pada perasaan kamu sepenuhnya tidak benar-benar baik juga, sih. Dan sebuah peristiwa patah hati dapat mengajari kamu hal tersebut. Bisa juga membuat kamu mengerti bahwa perasaan kamu menyesuaikan kondisi terkini. Perasaan yang membuat kamu kuat dan tenang bisa saja membuat kamu lemah dan rapuh atau sebaliknya. Jadi, pelajaran krusial dari patah hati bisa mengajari kamu untuk memberikan justifikasi kepada seseorang melalui aksi juga tidak sekadar mengandalkan perasaan kamu belaka.

6. Beberapa Pintu Perlu Diketuk
Patah hati dapat membuat kamu belajar bahwa di dalam hidup ini tidak ada yang abadi. Dalam hidup, kamu mungkin berharap bahwa hal-hal baik bakal selalu terjadi berkelanjutan. Kamu harus mendedikasikan sebagian dari hidup kamu untuk memastikan bahwa segala hal baik akan terus menerus baik, tapi jika ada yang hilang, kamu tidak mampu untuk membiarkan itu pergi dan mungkin akan jadi bagian itu sepanjangan. Namun hanya patah hati yang mampu mengajari kamu cara terbaik untuk menutup beberapa pintu jika memang mereka tidak menginginkan, dan sebaliknya. Terkadang kita harus melupakan beberapa orang dari masa lalu untuk sebuah alasan sepele, yakni mereka tidak ada di masa depan kita.

7. Hal Baik dan Buruk Ada Pada Dua Sisi di Koin Yang Sama
SUMBER

Di masa lalu, dikatakan bahwa hal baik dan buruk adalah dua sisi pada koin yang sama. Orang patah hati pasti paham. Siapapun yang pernah merasakan ditolak tahu tentang orang yang sama yang pernah datang dengan baik dan kecenya, kemudian menjelma menjadi pematah hati beberapa waktu kemudian. Ya, mencintai dan membenci seseorang di saat yang sama mungkin terlihat aneh, tapi itulah fakta bagi orang yang baru patah hati.

8. Patah Hati Menggambarkan Kelemahanmu
Beberapa orang datang dan pergi dari hidup kita untuk sebuah alasan yakni mengajari kita suatu hal yang mungkin tidak akan pernah kita pelajari jika mereka tetap ada. Patah hati bisa jadi hal yang menguntungkan buat kamu. Itu bisa membuat kamu peduli dengan kelemahan diri kamu. Orang-orang tidak mampu untuk menerima kesalahan jika kelemahan mereka ditunjukkan oleh orang lain. Patah hati dapat membuat kamu paham kelemahan kamu dan memberikan peluang perbaikan. Iki patah hati opo kaizen?

9. Hidup Ini Tidak Bisa Diprediksi
SUMBER

Patah hati dapat mengajari kamu bahwa kejutan adalah bagian dari hidup. Sebelum patah hati, tidak peduli sebagus apa rencana kamu untuk kisah cinta di masa depan, itu akan pecah sampai berkeping-keping-ping-ping. Kamu menerima apa yang tidak kamu harapkan dalam hidup. Kamu paham tentang orang yang kamu cintai dan apapun yang terkait, namun apapun yang terjadi kemudian bisa menghancurkan semua yang sudah kamu pahami dan rencanakan.

10. Lebih Menguatkan Cinta
Pokoknya, patah hati akan bikin kamu lebih memahami kompleksitas cinta. Dan tidak peduli bagaimana itu mungkin menyakiti kamu, patah hati tidak akan dapat menghapus cinta di dalam hati kamu. Kamu mungkin kehilangan dia, tapi kamu tidak kehilangan kekuatan atau untuk mencintai orang lain lagi seutuhnya.

Yup, begitu saja ya. Biar lebih komplit, bisa juga baca 7 Cara Melupakan Mantan Pacar. Semoga patah hati kamu bisa disembuhkan dan kamu bisa memetik biji pelajarannya :)


About Ariesadhar

Apoteker, Auditor Wanna Be dan Author Oom Alfa (Bukune, 2013).

0 komentar :