Don't miss

Rabu, 28 Januari 2015

25 Pertanyaan Yang Perlu Dijawab Sebelum Membuat Posting Blog Selanjutnya


By on 12.36


Kamu tahu? Oh, belum ya. Kan memang belum saya kasih tahu. Tapi saya yakin kamu sudah tahu bahwa traffic blog itu paling besar datangnya bukan dari pengunjung langsung, atau media sosial, tapi Google. Makanya SEO kemudian menjadi penting. Makanya, sebelum membuat posting berikutnya, ada 25 pertanyaan yang perlu dijawab terlebih dahulu. Tulisan ini bersumber dari sebuah link yang saya dapat di LinkedIn hasil mengalay daftar grup Travel Blogger Network.

Tentang Keywords
1. Riset: sudahkah kamu melaksanakan riset soal keyword untuk mengetahui frase mana yang populer dan berhubungan dengan posting yang sedang kamu kerjakan?
2. Headline: apakah kamu menggunakan suatu awalan di postingan dan di awalan itu tercantum keyword? Google sendiri punya konsen tertentu pada keyword yang besar hurufnya.
3. Bercampur: apakah keyword kamu bercampur? Jika iya, maka jelas kamu tidak akan menemukan blog kamu memiliki rangking yang tepat dibandingkan jika berfokus pada sekitar pembaca kamu.
4. Konteks: apakah kata-kata lain di dalam blog kamu berkorelasi dengan keyword utama? Google itu seperti kamus, lho. Hanya pastikan bahwa kamu tidak sedang berbohong kepada Google, kecuali kamu pria--boleh bohong dan selalu salah. Frase yang ditulis secara natural dan berhubungan dengan keyword utama adalah penting kalau kamu memang mau menulis untuk manusia.
5. 100 Kata Pertama: kamu sudah menggunakan keyword kamu di 100 kata pertama. Sudah? Bagus, ya memang begitu.

Link Internal
7. Cross Linking: apakah kamu menghubungkan sebuah link ke posting lain yang berhubungan di masa lalu? Dengan melakukan ini, kamu akan meningkatkan rangking posting lama kamu.
8. Posting Lama: apakah kamu sudah kembali ke posting lama, dan menambahkan link ke posting baru? Kamu hendaknya melakukan ini setiap bulan, dan lakukan hanya jika make sense.
9. Anchor Text: apakah internal link kamu terlalu banyak di anchor text? Jangan membuat internal link kamu dengan terlalu banyak keyword yang bisa merendahkan rangking. Pastikan anchor text mengandung teks yang merupakan bagian alami alih-alih sekadar keyword.

Link Eksternal
10. Blog yang berhubungan: apakah kamu menghubungkan posting ke sumber relevan posting kamu? Ini membantu Google mengidentifikasi jika blog sesuai dengan kamu dan membantu perangkingan keyword.
11. Email: apakah kamu menerapkan notifikasi bahwa kamu bikin link kesana? Ini adalah cara sederhana untuk mendapatkan share di tempat lain, atau mungkin malah backlink.

Isi
12. Konten duplikat: apakah kamu mengambil konten dari sumber lain? Jika iya, pastikan kamu bikin link kesana, serta hindari membuat konten duplikat banyak-banyak di blog kamu karena menyebabkan Panda Penalty.
13. Konten kurus: Apakah posting di blog kamu kurus kering dan medioker kayak Leeds United? Menulis posting blog murni untuk alasan SEO adalah jalan tercepat mendapatkan Panda Penalty, jadi fokuslah pada kualitas isi ketimbang jumlah.
14.Panjang: Apakah posting di blog kamu sudah cukup panjang? Rupanya terdapat korelasi langsung antara panjang posting dengan rangking. Umumnya laman web yang punya rangking di laman pertama Google mengandung setidaknya 2000 kata. Waw!

URL
15. Pendek: apakah URL kamu pendek dan to the point? URL pendek tentu saja lebih baik daripada yang panjang.
16. Keyword: apakah URL mengandung keyword? Dengan memasukkan keyword di URL, bisa terjadi peningkatan rangking.
17. Angka: apakah URL mencakup setidaknya 3 nomor unik? Untuk bisa masuk ke Google news, URL kamu sebaiknya memiliki 3 nomor unik yang berturut-turut.

Gambar
18. Nama file: nama file sudah mengandung keyword? Semakin deskriptif kamu membuat nama file, rangking di Google Image semakin baik.
19. Alt Tags: apakah kamu sudah memasukkan alt tag deskriptif untuk setiap gambar? Dengan menambahkan alt tag dapat meningkatkan juga rangking.
20. Dimensi: apakah panjang dan lebar sesuai? Semakin besar dimensi, semakin besar rangking. Cuma memang semakin sudah ngupload-nya.
21. Ukuran File: apakah gambar kamu ukuran filenya sekecil mungkin? Gambar terkompresi dengan kualitas tetap bagus, rangking lebih bagus.
22. Embed Code: apakah kamu menyediakan embed-code untuk gambar kamu? Jika kamu menyediakan gambar unik, kamu akan memberikan notice kepada orang yang ingin mengambilny untuk web mereka. Dengan punya embed code, kamu akan meningkatkan jumlah baclink, dan meningkatkan rangking.
23. Keunikan: Apakah gambar kamu original dan unik? Jika kamu punya waktu untuk mengambil gambar sendiri dan memakainya di blog kamu akan memberikan notice bahwa gambar tersebut punya rangking lebih baik di pencarian gambar daripada yang sudah ada.

Waktu Tayang
24. Media: apakah kamu mengoptimisasi media yang kamu gunakan di blog? Menggunakan media seperti gambar, video, dan file audio adalah ide bagus tapi perlu waktu. Kamu bisa menggunakan Google Page Speed untuk mengoptimisasi.
25. Javascripts: kamu menambahkannya ke postingan kamu? Sebisa mungkin kurangi jumlah skrip eksternal yang kamu gunakan karena bikin waktu loading jadi lama.

About Ariesadhar

Apoteker, Auditor Wanna Be dan Author Oom Alfa (Bukune, 2013).

0 komentar :